Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 Paling Mengerikan

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 pada kebanyakan ibu hamil merupakan hal yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh para calon bunda. Hal ini jika dibiarkan tanpa pengetahuan yang benar tentu saja bisa berakibat fatal bagi perkembangan janin di dalam nya.

Ibu hamil tentunya harus selalu berusaha memperhatikan kondisi kehamilan dan perkembangan kehamilannya. Begitu juga ketika usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua. Karena pada trimester tersebut biasanya sering terjadi hal -hal yang bersifat kritis.

Baca Juga : 5 Vitamin Pelancar ASI Alami, Busui Harus Tahu Ini!

Selain itu, Ibu Hamil Muda yang menginjak trimester kedua kehamilan harus paham kebutuhan nutrisinya sudah bertambah kompleks dan harus dipenuhi kesemuanya agar tidak berdampak fatal pada kesehatan janin didalam rahim dan ibu hamil sendiri.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2Sangat disarankan ibu hamil mengontrol kondisi kehamilan secara rutin agar tahu perkembangan janinnya normal atau tidak. Karena tidak semua kehamilan berlangsung baik dan tanpa hambatan.

Beberapa ibu hamil justru ditemukan dengan kondisi kehamilan yang berbahaya bahkan ketika berada di usia trimester kedua kehamilan. Berikut ini Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 yang harus bunda tahu!

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2

Janin yang tidak bergerak didalam rahim
Pada dasarnya ketika sudah memasuki trimester kedua kehamilan, janin punya energi yang cukup besar untuk bergerak. Harusnya di trimester kedua kehamilan ini ibu hamil merasakan pergerakan janin entah itu sekedar menyentuh kulit atau menendang atau gerakan tertentu lain.

Baca Juga : Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir

Jika janin tidak memberikan tanda bergerak sama sekali, ibu harus waspada, karena bisa jadi janin meninggal didalam kandungan. Baiknya ibu hamil segera memeriksakan kondisi janinnya secara rutin. Tentu saja dokter sepesialis kandungan bisa dijadikan sebagai rujukan nya.

Ketuban pecah dini
Jika ibu merasa ada cairan yang keluar dari jalan lahir dan jumlahnya banyak di trimester kedua kehamilan, maka ibu harus berhati – hati karena ini merupakan tanda dan gejala terjadinya ketuban pecah dini. Ketuban pecah dini dapat berakibat membuat ibu hamil mengalami persalinan prematur.

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Karena itu Anda perlu segera mencari solusinya ke dokter kandungan yang telah menangani Anda selama kehamilan berlangsung. Usaha bunda kembali pada dokter yang menangani sejak awal karena riwayat kehamilan bunda sudah terekam disana.

Berat badan ibu hamil yang tidak kunjung naik
Ketika seorang wanita sedang hamil, seiring bertambahnya usia kehamilan tentu berat badan juga akan semakin bertambah. Pertambahan berat badan ini pada umumnya mulai terjadi ketika ibu sudah memasuki awal trimester kedua atau ketika usia kandungan sudah menginjak 4 bulan.

Baca Juga : Memijat Bayi Dengan Benar Bisa Menjaga Kasih Ibu Dan Bayi

Ibu hamil akan merasakan kenaikan berat badan yang signifikan sekitar 9 sampai dengan 12 kg. Akan tetapi jika memasuki trimester kedua kehamilan dan berat badan ibu hamil tidak kunjung naik maka ini menjadi ciri – ciri ada bahaya.

Bisa jadi hal ini terjadi karena janin didalam rahim yang tidak berkembang dan tidak tumbuh secara normal sehingga mengakibatkan nyawanya terancam. Biasanya ibu hamil yang menderita diabetes, kandungan lemah, batuk kronis, kanker, malaria, kekurangan nutrisi dan beberapa masalah lainnya mengalami masalah berat badan yang tidak naik.

Periksakan segera kondisi Anda untuk mencari solusinya. Menunda pemeriksaan akan semakin memberi peluang terjadi nya hal – hal yang tidak di inginkan terjadi.

Itulah Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 paling mengerikan dan harus Anda tahu. Segera cari solusinya jika salah satu tanda diatas Anda alami. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Penelusuran Terbarubahaya kehamilan trimester 2 (4),tanda bahaya kehamilan per trimester (1)