Stop Pujian Palsu! Ini Cara Terbaik Memberi Pujian Untuk Anak

Cara Terbaik Memberi Pujian Untuk Anak seringkali tidak terpikirkan oleh para orangtua dan memang terkesan diacuhkan. Padahal penting sekali mengetahui bagaimana sih memberi pujian yang baik pada seorang anak itu agar sang anak bisa tumbuh kembang dengan cukup baik.

Baca Juga : Aspek Penting Yang Harus Bunda Ajarkan Kepada Anak Perempuan

Salah satu bentuk reward yang paling bisa membuat hati berbunga – bunga adalah pujian. Mungkin hampir semua orang pernah memberikan pujian. Mungkin juga termasuk anda juga pernah memberikan sebuah pujian, baik kepada saudara, teman atau kepada anak anak sendiri.

Cara Terbaik Memberi Pujian Untuk AnakAnak-anak memang sangat senang sekali menerima pujian, hal itu karena dalam masa perkembangannya mereka punya keingina besar untuk menunjukkan jatidiri nya kepada semua orang, tidak terkecuali juga pada keluarga maupun pada orangtua nya.

Namun masalahnya, kebanyakan orangtua seringkali salah dalam Cara Memuji Anak nya. Biasanya orangtua asal saja dalam memuji, yang penting anaknya senang. Padahal tidak semua pujian itu memberi dampak positif untuk sang anak.

Baca Juga : Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua

Lalu, benar atau tidakkah pujian anda? Jika memang anda suka memberikan pujian palsu, itu adalah sebuah pujian yang tidak benar dan mulai sekarang pujian palsu ini harus anda stop. Ganti dengan berikan pujian secara benar kepada anak anda. Lalu seperti apa cara memuji anak secara tepat?

Cara Terbaik Memberi Pujian Untuk Anak
Menahan untuk memberikan pujian bukan suatu hal yang baik, akan tetapi memberikan pujian palsu juga tidak baik. Yang paling tepat, cara memberikan pujian kepada anak yaitu :

Berikan Ketulusan Saat Memuji
Ketika anda memuji si buah hati, jangan memuji sekedarnya saja. Beri ketulusan dibalik pujian yang anda lontarkan. Jangan juga terlalu sering memberikan pujian kepada anak karena bisa membuat anak menjadi pamrih atas apa yang dilakukan.

Baca Juga : Cara Efektif Memilih Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Jadi intinya, sesuaikan pujian itu pada hal-hal yang memang menurut Anda sangat perlu diberikan saja. Misalnya yang menyangkut prestasi dan lain-lain.

Spesifik Dalam Memberikan Pujian
Ketika anda memang akan memuji anak anda, upayakan anda melontarkan pujian secara spesifik. Jangan memberikan pujian yang ambigu seperti “Good Job”. Sebagai gantinya berikan pujian yang spesifik misalnya “ Good job untuk anak bunda! Bunda suka warna yang kamu pilih untuk mewarnai gambar ini sayang”. Pujian seperti itu yang tepat karena bisa membuat anak tahu tindakan seperti apa yang layak dipuji dan yang tidak.

Jaga Keseimbangan Ketika Anda Memujinya
Maksudnya dari poin ini adalah ketika anda memuji pastikan pujian yang anda berikan karena dia berhak mendapatkannya. Fokuskanlah pujian pada nilai positif dari sebuah prestasi dan usaha yang keras untuk mencapai prestasi tersebut. Artinya ketika anak sedang gagal dalam melakukan sesuatu, lihat bahwa dia telah berusaha keras, tetap puji usaha tersebut dan pacu supaya ia lebih giat lagi untuk menuai prestasi yang lebih baik.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan mengenai Cara Terbaik Memberi Pujian Untuk Anak. Coba praktekkan cara mendidik anak ini dan semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.