Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua

Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua – Mungkin bunda pernah bingung dengan sikap anak yang tiba – tiba berubah. Bahkan terkadang tanpa sebab yang pasti, seorang anak tiba – tiba menangis terisak dan suka sekali menampilkan wajah yang tidak seperti biasanya, baik saat malam hari atau bahkan di siang hari. Ada apa dengan hal ini?

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Alergi Telur Puyuh Pada Anak

KIta sebagai orangtua tentu saja akan merasakan kecemasan pula saat menyikapi hal tersebut, dan itu memang wajarlah, karena gimana-gimana kita tentu saja tidak ingin apapun terjadi dengan anak kita. Sebagai orangtua, tentu saja kita hanya ingin melihat anak kita ter-cinta merasa bahagia.

Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui OrangtuaKetika anak tiba – tiba menangis tanpa sebab yang jelas dan menampilkan wajah yang tidak seperti biasanya, bisa jadi itu terjadi karena anak merasa takut. Banyak hal yang bisa jadi penyebab mengapa anak tiba – tiba merasa takut.

Baca Juga : Kesalahan Mendasar Mendidik Anak Yang Harus Dihindari

Kita seringkali meng-hubungkan hal-hal yang menyebabkan kecemasan, ketakutan dan lain sebagainya yang terjadi pada anak sebagai bagian dari apa yang dialami oleh sang anak ketika bermain dengan teman-temannya atau orang-orang di sekitarnya.

Padahal ada jenis-jenis perasaan takut pada sebagian anak yang perlu diketahui oleh orangtua agar bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya, karena setiap perasaan takut yang muncul tersebut, tentulah ada penyebab nya.

Baca Juga : Cara Efektif Memilih Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Mungkin bunda ingin tahu apa saja penyebab yang bisa memicu rasa takut pada diri anak? Jika bunda ingin tahu, bunda harus tahu dulu apa saja sih Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua. Dan mengenai hal tersebut, disini kami akan berikan uraiannya secara detail untuk bunda. Yuk simak informasinya!

Ragam Ketakutan yang Dialami Oleh Anak

Macam – macam perasaan ketakutan yang seringkali dialami oleh anak ada banyak sekali macamnya. Salah satu rasa ketakutan yang dialami oleh anak-anak tersebut yaitu :

Separation Anxiety
Separation Anxiety ini adalah saat dimana anak mengalami rasa takut karena ia takut berpisah dengan orang tuanya baik ayah atau ibunya. Hal ini biasanya dialami oleh balita yang usianya sekitar 18 bulan hingga usia TK.

Stranger Suspicion
Jenis ketakutan yang satu ini biasanya dialami oleh bayi sampai balita berusia 3 tahun. Ini adalah rasa takut ketika anak harus bertemu dengan orang baru. Pada sebagian besar kasus stranger suspicion, ketakutan anak akan berakhir ketika orang yang dianggapnya asing berlaku ramah kepada si kecil.

Common Fears
Ketakutan yang satu ini terjadi karena anak takut dengan hal – hal yang sifatnya umum. Misalnya, anak takut ke kamar mandi sendiri, takut dengan ruangan yang gelap atau takut dengan kucing atau anjingnya tetangga. Ini yang dinamakan common fears.

Social Anxiety
Rasa takut yang satu ini adalah rasa takut ketika si anak harus berada bersama dengan banyak orang di sekitarnya. Anak merasa insecure dengan situasi pertama kali sehingga merasa takut. Biasanya ketakutan yang satu ini berakhir ketika anak berusia sekitar 2 tahun.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami sampaikan. Semoga informasi diatas mengenai Rasa Takut Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua ini bisa bermanfaat. Pahami dengan seksama ragam ketakutan pada anak dan cegah dengan upaya tertentu bunda.