Makanan Sehat Pencegah Bayi Lahir Cacat

Makanan Sehatpencegah bayi lahir cacat yang akan di ulas di bawah ini bisa menjadi referensi cukup penting bagi ibu yang tengah mengandung sejak usia kandungan nya masih dini hingga menjelang detik – detik akhir persalinan nya.

Cacat lahir bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Kondisi rahim yang tidak sehat, kondisi rahim yang belum siap menerima pembuahan, kondisi rahim yang lemah, kondisi fisik ibu hamil dan asupan nutrisi yang kurang dapat menjadi beberapa faktor penyebab cacat lahir pada bayi.

Baca Juga : Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2 Paling Mengerikan

Agar cacat lahir tidak terjadi tentu faktor penyebab tersebut sangat disarankan untuk dihindari. Meskipun tentu saja ada faktor – faktor penentu lainnya yang menyebabkan seorang bayi terlahir cacat, tetapi kita tidak bisa menafikan faktor makanan sebagai Asupan Ibu Hamil.

Makanan Sehat Pencegah Bayi Lahir CacatMemenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari juga sangat penting dilakukan. Ibu hamil harus tahu nutrisi hariannya sudah terpenuhi atau belum dan hal ini harus dikontrol untuk mencegah terjadinya bayi yang cacat lahir.

Hal lain yang tak kalah penting nya jika bumil menjaga asupan Makanan Sehat Ibu Hamil tersebut adalah juga agar janin yang tengah di kandungnya bisa tercukupi asupan gizi nya hingga tumbuh kembangnya saat di lahirkan semakin bagus.

Berikut beberapa jenis Makanan Sehatpencegah bayi lahir cacat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari. Cek informasi lengkapnya berikut ini bunda!

Makanan Sehat Pencegah Bayi Lahir Cacat

Susu murni
Susu murni merupakan bahan makanan yang sangat baik dan terdapat kandungan kalsium yang tinggi, protein dan yodium dalam jumlah cukup di dalamnya dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk me-minimalisir resiko bayi lahir cacat.

Baca Juga : 5 Vitamin Pelancar ASI Alami, Busui Harus Tahu Ini!

Selain itu kandungan tersebut juga dapat me-maksimalkan perkembangan otak bayi sehingga bayi saat dilahirkan menjadi lebih cerdas dan tentu saja lebih sehat.

Sekarang ini sudah banyak dan sangat mudah ditemui aneka susu instan berbagai merek yang memang khusus di peruntukkan bagi ibu hamil, karena untuk mendapatkan susu segar dari peternak sudah agak susah sekarang ini akibat keterbatasan lahan di perkotaan.

Daging rendah lemak
Daging rendah lemak mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Daging rendah lemak juga merupakan pilihan yang baik dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Daging rendah lemak memiliki kandungan protein dalam bentuk asam amino yang berfungsi dalam membangun pertahanan sel – sel tubuh ibu dan calon buah hati sehingga bisa lebih kebal terhadap berbagai ancaman penyakit dan berbagai kemungkinan yang mengakibatkan bayi lahir tidak normal.

Baca Juga : Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir

Mengkonsumsi olahan daging seperti daging ayam, daging ikan laut, daging sapi fresh atau kalengan maupun aneka olahan daging lain nya sangat dianjurkan bagi ibu hamil, dan resep – resepnya bisa dengan mudah di dapatkan di internet sekarang ini.

Kacang – kacangan
Makanan berikutnya yang harus dikonsumsi ibu hamil agar bayi tidak lahir cacat adalah kacang – kacangan. Berbagai jenis kacang – kacangan kaya kandungan asam folat dimana kandungan ini sangat bermanfaat untuk pembentukan otak janin dan pembentukan tubuh dan organ janin.

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Kandungan serat didalam kacang – kacangan juga dikenal sangat tinggi dimana hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan ibu yang sedang hamil.

Makanan Sehat yang mengandung probiotik
Probiotik atau bakteri baik yang terkandung didalam makanan tertentu dapat membantu mencegah dan mengatasi bakteri jahat didalam perut. Bagi ibu hamil probiotik sangat disarankan untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu probiotik juga dapat memaksimalkan energi pada ibu hamil dan mengurangi pusing yang terjadi ketika hamil.

Baca Juga : Memijat Bayi Dengan Benar Bisa Menjaga Kasih Ibu Dan Bayi

Ada beberapa jenis Makanan Sehat yang mengandung banyak sekali probiotik dan selalu disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil di antaranya :

  • Kacang polong
  • Cokelat murni
  • Susu yang steril, susu soya, susu sapi dan sejenisnya
  • Yoghurt
  • Tempe dan tahu yang terbuat dari kedelai murni

Anda bisa mengolah nya menjadi makanan pendamping atau bisa juga menjadi makanan utama yang bisa disajikan saat sarapan di pagi hari maupun saat tengah hari.

Itulah apa saja Makanan Sehat Pencegah Bayi Lahir Cacat yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Semoga dengan mengkonsumsi nya secara rutin, bunda bisa memperoleh manfaat yang lebih baik lagi.

Penelusuran Terbarumakanan yang baik supaya tak ada cacat bayi (1)