Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur

Memang jarang sekali yang tahu jika Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur meskipun sang bunda sudah berusaha melakukan pencegahan dengan berbagai macam cara, baik melalui pemberia ASI Eklusif ataupun pemberian vitamin – vitamin lainnya.

Bayi prematur memang benar-benar memiliki ke-unikan tersendiri, baik dari segi daya tahan tubuhnya maupun dari segi kerentanan tubuhnya dalam menghadapai serangan ber-bagai macam penyakit dari luar tubuh.

Pada umumnya, bayi dilahirkan ketika usia kehamilan ibu mencapai sekitar 37 sampai dengan 42 minggu atau sekitar 9 bulan. Jika bayi dilahirkan kurang dari usia kehamilan 37 minggu atau kurang dari usia 8 sampai 9 bulan, maka bayi bisa dikatakan sebagai Bayi Prematur.

Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi PrematurYang paling sering ditemui tentu saja di usia kehamilan sekitar 7 bulan sudah melahirkan, baik melahirkan secara normal maupun melahirkan dengan proses operasi cesar. Bayi yang lahir dengan usia kehamilan seperti inilah yang paling rentang dengan aneka jenis penyakit.

Biasanya semakin awal bayi prematur lahir maka akan semakin besar pula resiko dia terserang berbagai gangguan kesehatan dikarenakan sistem metabolismenya masih belum bisa berjalan dengan baik. Lantas, Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur ?

Kami disini akan berusaha memberi penjelasan singkat mengenai apa saja yang perlu diketahui orangtua yang memiliki bayi prematur agar bisa sedini mungkin menghindari berbagai penyakit yang akan menyerang si buah hati nya.

Gangguan Kesehatan Yang Menyerang Bayi Prematur
Ada beberapa gangguan kesehatan yang sangat rentan dialami oleh bayi prematur. Salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh bayi prematur yaitu :

Gangguan Pernapasan Pada Bayi
Ini adalah gangguan kesehatan bayi prematur yang paling sering dikeluhkan. Bayi prematur memang sangat mungkin mengalami kesulitan dalam bernafas dikarenakan sistem pernapasannya yang masih belum terbentuk dengan sempurna.

Baca Juga :
Dampak Buruk Kekurangan DHA Pada Anak
Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui
Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Yang Terbukti Ampuh
Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat
Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Suka Pilih–pilih Makanan

Karena itu biasanya bayi yang lahir prematur dimasukkan dalam inkubator untuk membantu sistem pernapasannya dan menjaga agar suhu bayi tetap hangat.

Lamanya proses di dalam inkubator tersebut tentu saja tergantu kondisi si bayi, hal itu hanya dokter yang mengetahui. Biasanya di dasarkan atas berbagai banyak faktor yang sudah diperhitungkan oleh dokternya.

Gangguan Jantung Pada Bayi
Selanjutnya bayi prematur juga rentan mengalami gangguan jantung. Gangguan jantung yang biasanya banyak dialami yaitu tekanan darah rendah dan patent ductus arteriosus. Kondisi ini merupakan suatu kondisi dimana ada bukaan antara 2 saluran darah besar yang menuju ke jantung.

Dan gangguan ini paling sering dialami oleh bayi yang lahir sebelum minggu ke 30 bayi prematur lahir. Pendampingan oleh dokter yang memang ahli dibidangnya tentu saja sangat diperlukan. Itulah mengapa bayi yang lahir prematur selalu menjalani proses opname di rumah sakit.

Gangguan Metabolisme Pada Bayi
Bayi yang lahir prematur juga rentan terserang gangguan sistem metabolisme. Bayi prematur juga bisa saja mengalami hypoglisemia atau rendahnya kadar gula darah. Bahkan gangguan lambung dan berbagai gangguan sistem pencernaan juga mudah menyerang bayi yang lahir prematur.

Pencegahan yang bisa dilakukan tentu saja harus melalui proses pemantauan oleh dokter spesialis anak dan tentu saja akan jauh lebih baik jika di dampingi oleh dokter yang pertama kali menangani bayi tersebut karena riwayat kesehatan nya si dokter sudah mengetahui nya.

Nah, bunda demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas mengenai Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur bisa bermanfaat. Jaga selalu kesehatan bayi anda dan berikan gizi yang sesuai untuknya.