Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir

Banyak nih yang masih bingung, khususnya para bunda yang baru saja menjadi orangtua. Kebanyakan yang membuat para bunda bingung adalah Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir tersebut.

Para bunda biasanya nih akan bingung kira-kira si-kecil ini harus mandi atau gimana… mengingat hal ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi seorang ibu.

Padahal nih, si-kecil yang baru saja dilahirkan tidak perlu dimandikan loh bund. Terutama hingga luka pada tali pusarnya yang ada diperutnya kering dan sembuh.

Toh, si-kecil tidak akan melakukan banyak aktiiftas yang dapat membuat tubuh nya mengeluarkan keringat atau pun terkena kotoran – kotoran yang berarti.

Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru LahirLalu pertanyaannya…
Jika tidak mandi, jadi bagaiamana Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir tersebut?
Bunda cukup membersihkan nya dengan menggunakan lap atau pun handuk halus dan bersih yang berukuran kecil, yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Bersihkan seluruh permukaan tubuh si-kecil dengan menggunakan lap maupun handuk basah tersebut, termasuk pada bagian wajahnya, kemudian bunda keringkan dengan menggunakan handuk kering yang halus dan bersih.
Cukup mudah bukan ?

Sedangkan untuk bagian kepala Bayi Baru Lahir, bunda boleh saja sesekali mencucinya untuk menjaga kebersihannya tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, bagian kepala bayi ini sering kotor, karena kondisi kulit di kepala yang seringkali mengelupas.

Yang menjadi pertanyaannya adalah…
Mengapa Kulit Kepala Bayi bisa mengelupas?

Jawabannya adalah…
kulit kepala bayi yang mengelupas ini dikarenakan oleh produksi minyak berlebih yang terjadi di kulit kepala si-kecil.

Saat Anda mencuci kepalanya, pastikan bahwasanya bunda memakai Shampo Bayi yang memiliki formula khusus yang sudah disesuaikan dengan kondisi kepala bayi.

Baca Juga :
Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Memijat Bayi Dengan Benar Bisa Menjaga Kasih Ibu Dan Bayi
Penyebab Utama Berat Badan Bayi Tak Kunjung Bertambah
Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur
Dampak Buruk Kekurangan DHA Pada Anak

Jangan pernah sekali pun bunda menggunakan shampo orang dewasa, karena hal ini dapat membuat kulit kepala si-kecil mengalami iritasi. Ini patut bunda waspadai, ya!

Ketika mencuci kepala Bayi Baru Lahir, terlebih dahulu bersihkan kepalanya dari kotoran kulit kepala, dengan menggunakan kain lap atau handuk halus, yang sudah dibasahi terlebih dahulu dengan air hangat.

Kemudian, barulah tuangkan shampo bayi secukupnya, saat mencuci kepala si-kecil, pastikan juga bahwa Anda memijat lembut kepala si-kecil secara per lahan – lahan menggunakan jari jemari bunda.

Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir lainnya
Menjaga kebersihkan tubuh si-kecil, ternyata tak cukup dengan membersihkan kulit kepalanya saja, tetapi perawatan kebersihan yang juga tak kalah pentingnya adalah memotong kuku tangan dan kakinya.

Ya, memang benar ini adalah hal yang paling penting, mengingat bayi dapat melukai muka dan juga bagian tubuh lainnya, menggunakan kukunya yang panjang.

Itulah mengapa setiap orangtua akan selalu menyiapkan Sarung Tangan Dan Kaki Bayi untuk melindungi si-kecil dari goresan kuku-kuku nya jika lupa belum di potong.

Untuk memudah-kan bunda di dalam proses memotong kuku si-kecil ini, bunda bisa melakukan nya ketika si-kecil sedang tertidur pulas atau pun ketika si-kecil sedang dalam proses menyusui.

Sebab dalam dua kondisi ini, si-kecil cenderung lebih tenang dan tidak akan banyak bergerak, sehingga akan memudahkan buat bunda untuk memotong kuku – kukunya.

Sedangkan, untuk urusan kebersihan bekas Luka Tali Pusar yang dipotong pada area perut si-kecil, bunda tak harus melakukan banyak hal di sini.

Mengapa? Sebab, bunda tak perlu membersihkan lukanya dengan menggunakan alkohol maupun air, cukup membiarkan saja, dan memastikan bahwa lukanya tidak terhalangi oleh popok maupun pakaian yang dikenakan nya.

Dengan begini, luka tersebut akan mengering dan sembuh dengan sendirinya dan tentunya pasti lebih cepat.

Pemberian ASI Eksklusif Untuk Bayi Baru Lahir tentu saja akan menjadi senjata utama nya sebagai obat alami kekebalan tubuh si bayi tersebut.

ASI ( air susu ibu ) itu merupakan asupan gizi terbaik yang di miliki oleh sang ibu sebagai pengganti makanan dan minuman bagi si-kecil selama dalam usia 6 bulan pertama.

Itulah alasan utama nya mengapa bayi baru lahir bekas tali pusar nya bisa lekas sembuh dan mengering meskipun tidak ada tindakan macam – macam lagi dari orangtuanya.

Nah, sekarang Anda sudah lebih paham bukan, bagaimana Cara Terbaik Membersihkan Bayi Baru Lahir ? Semoga saja ulasan di atas, juga bisa menjadi referensi bagi bunda-bunda semuanya.