Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat

Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat ini merupakan artikel khusus yang menyangkut peranan orangtua khususnya dalam hal pendidikan ekstra bagi anak -anak nya. Selain untuk mendidik dan menanamkan kebiasaan yang baik pada anaknya, peran orangtua juga bisa membantu si-kecil untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan orang -orang di sekitarnya termasuk dalam hal mencari teman.

Bukan berarti Andalah yang harus mencarikan si-kecil teman, lalu memperkenalkannya dan juga membuatnya bermain dengan si-kecil ya. Peran Anda hanyalah mengarahkan dan juga membantunya dalam menyelesaikan masalah yang ada kaitannya dengan proses si-kecil dalam berkomunikasi, menjalin hubungan, serta beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Suka Pilih–pilih Makanan

Akan tetapi setiap perlakuan orangtua yang diberikan pada anak-anak nya pastilah berbeda-beda, setiap orangtua pasti akan memiliki cara serta keunikan tersendiri di dalam mendidik anak-anak nya, setiap anak yang dilahirkan juga memiliki karakter dan juga keunikan masing-masing. Termasuk diantaranya adalah anak yang terlahir dengan kebutuhan khusus, atau yang disebut dengan anak ADHD.

Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan TepatMendidik dan Mengajar Anak Pengidap ADHD
Bagaimana sih mengajar anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) itu? Baik, sebelum kita bahas lebih detail apa dan bagaimana Cara Mendidik Anak yang mengidap kelainan khusus ADHD ini, marilah kita pelajari lebih dulu apa sih ADHD itu.

Sekolah -sekolah yang ada di Indonesia, seperti pada tingkatan SD dan juga SMP bahkan yang setingkat dengan SMA diharapkan untuk lebih ter-buka dan mau menerima anak-anak ber-kebutuhan khusus yang salah satunya adalah anak -anak dengan kelainan ADHD.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pertengkaran Anak Yang Sangat Efektif

ADHD merupakan kelainan khusus yang tidak hanya bisa di derita oleh anak -anak, namun juga bisa di derita oleh remaja bahkan orang dewasa sekalipun, meskipun kasus yang menimpa orang dewasa memang terbilang jarang diketahui. Disinilah peranan guru yang harus mengenali murid-murid nya agar dapat mengetahui bagaimana Cara Mendidik Dan Mengajar Anak secara efektif

Pengertian (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau ADHD

ADHD atau biasa di kenal dengan istilah “Attention Deficit Hyperactivity Disorder” merupakan kelainan khusus yang bisa di derita oleh anak -anak bahkan hingga orang dewasa sekalipun, dimana mereka biasanya tidak dapat memusatkan perhatian nya dalam jangka waktu yang cukup, dan tentunya mereka ini tergolong hiperaktif.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Paling Efektif Yang Wajib Diketahui

Dengan mengatahui gejala dan perilaku pasti setiap anak yang menderita ADHD tersebut, tentu saja akan mempermudah orangtua dalam mengambil sikap atau tindakan yang baik bagaimana sih Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat itu agar tidak salah langkah.

Simak yuk bunda penjelasan yang relatif singkat ini mengenai cara terbaik mendidik si-kecil yang menderita ADHD agar bisa berkembang dan tumbuh dengan kondisi mental yang baik. Berikut ini penjelasannya ya..

Perhatikan Asupan Gizi Makanan Anak
Anak hiperaktif memang mirip sekali dengan anak- anak penderita autis. Makanan yang terbukti memberi dampak buruk pada anak autis adalah makanan yang banyak terdapat kandungan gluten dan juga kasein seperti tepung terigu atau pun susu sapi.

Baca Juga : Makanan Alternatif Pengganti Gula Agar Anak Lebih Sehat

Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan TepatJika kelebihan zat-zat tersebut pada pola makannya, tentulah si-kecil akan makin sulit untuk dikendalikan, semakin mudah marah dan juga seringkali mengamuk. Bahkan kelebihan asupan glukosa pada makanan juga tidak baik untuk anak hiperaktif.

Hindari sebisa mungkin untuk tidak memberikan makanan ringan tinggi gula, tinggi garam dan juga makanan instan seperti junk food. Selalu hindari penggunaan penyedap makanan, pemanis buatan serta juga makanan yang ber-karbohidrat tinggi. Perbanyaklah asupan gizi dari dari buah dan sayuran segar.

Beritahukan Kondisi SI Anak Pada Lingkungan
Sifat si-kecil yang hiperaktif seringkali akan menimbulkan gangguan bagi lingkungannya apalagi jika berada di tempat umum. Beritahukan secepatnya pada lingkungan sekitar kita tentang kondisi si-kecil, sehingga orang – orang di lingkungan sekitar bisa memahami dan malah memperlakukannya dengan baik agar si-kecil merasa lebih nyaman.

Jika kita bersikap acuh atau cuek-cuek saja dengan lingkungan di sekitar kita, bisa jadi orang -orang di lingkungan sekitar tidak bersimpati dan justru akan memberikan cemohoan pada si-kecil dan hal itu akan sangat merugikan perkembangan si-kecil ke depannya.

Latih Anak Ber-Sosialisasi
Ajaklah si-kecil dalam lingkungan sosial yang memang terbukti bisa menerima kondisinya. Ajarkan dengan perlahan si-kecil untuk berinteraksi dan juga memperhatikan orang lain yang ada di sekitaran tempat itu, ajarkan padanya bagaimana sih berkomunikasi dengan orang lain yang baik itu.

Baca Juga : Cara Efektif Mencegah Si Kecil Terhindar Dari Flu

Libatkan juga si-kecil dalam kelompok -kelompok bermain untuk menumbuhkan kesadaran nya akan orang lain. Kelompok bermain yang biasanya menyatu dengan lokasi taman kanak – kanak memang cukup efektif sebagai sarana Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat sekarang ini.

Berikan Kasih Sayang Lebih Pada Si Kecil
Kasih sayang yang di terima oleh si-kecil khususnya dari orangtua sangat penting sekali. Anak hiperaktif memang memerlukan kasih sayang yang lebih daripada anak-anak normal pada umumnya agar tingkat kepercayaan dirinya bisa menjadi lebih baik tentunya. Perasaan aman dan juga perasaan nyaman dengan orangtua nya bisa membuat si-kceil akan lebih bisa mendengarkan setiap kata-kata dari orangtua nya.

Demikianlah sekilas tentang Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat yang bisa kami informasikan. Meskipun bisa dibilang sangat singkat penjelasan di atas, namun kami berharap uraian di atas bisa memberikan sedikti manfaat bagi orangtua khususnya para bunda.