Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Para bunda /ayah biasanya akan kerepotan jika sudah ber-urusan dengan masalah cegukan pada bayi nya, karena memang tidak tahu atau belum mengerti Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi nya tersebut.

Memang sih, proses terjadinya cegukan itu sendiri tidaklah tiap hari atau tiap saat, namun bisa dibilang sering juga terjadi pada si-kecil, terutama saat setelah makan atau sehabis menyusui. Dan pastinya bunda akan bingung jika cegukan nya sudah terjadi.

Bunda, ini dia Tips Hentikan Cegukan Pada Bayi yang wajib diketahui agar ketika si-kecil mengalami cegukan, bunda bisa dengan mudah mengatasinya dan tentu saja tidak bingung lagi.

Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada BayiSaat bayi atau balita mengalami cegukan, mitos yang sering muncul adalah bayi atau pun balita tersebut akan tumbuh semakin besar. Sehingga, tak heran jika ada banyak orang yang mengabaikan, serta menganggap sepele masalah cegukan yang dialami buah hati mereka.

Pertanyaannya adalah..
Bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasi masalah cegukan pada bayi atau pun balita ini sebenarnya tidak sulit, yang mana biasanya hanya dengan menahan nafas beberapa detik saja, secara alami cegukan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Padahal, ketika bayi bunda mengalami cegukan, sebenarnya hal tersebut bisa dikatakan sebagai sifat alamiah yang
tergolong normal dan wajar saja, asalkan cegukannya tidak terlalu mengganggu aktifitas nya si kecil, seperti makan dan tidurnya.

Selain dengan hal tersebut, berikut ini ada beberapa Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang bisa bunda lakukan untuk menghentikan cegukan pada si-kecil. Ingin tahu seperti apa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Hentikan Cegukan Pada Bayi
Tips yang pertama adalah dengan memindah/mengubah posisi menyusui si-kecil. Perlu bunda ketahui, jika salah posisi ketika menyusui, maka si-kecil bisa mengalami cegukan, sebab si-kecil tanpa sengaja akan menelan terlalu banyak udara.

Maka kami sarankan ketika menyusui, pastikan terlebih dahulu posisi bayi yang tidak melintang datar ya bund? Selain itu, usahakan juga perlekatan yang sempurna antara bayi dengan puting susu, supaya mulut si-kecil tidak mudah terlepas dari puting bunda.

Baca Juga :
Memijat Bayi Dengan Benar Bisa Menjaga Kasih Ibu Dan Bayi
Penyebab Utama Berat Badan Bayi Tak Kunjung Bertambah
Gangguan Kesehatan Yang Mudah Menyerang Bayi Prematur
Dampak Buruk Kekurangan DHA Pada Anak
Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui

Tips yang kedua adalah dengan menyandar-kan bayi pada bunda. Ini dimaksudkan apabila bayi masih cegukan, maka sebaiknya hentikan kegiatan menyusui terlebih dulu. Diamkan beberapa saat sebelum memulai lagi proses menyusui bayinya.

Bisa dicoba dengan cara menyandar-kan bayi bunda di dada, dengan posisi leher ada di atas bahu bunda. Lalu tepuk punggungnya perlahan-lahan, supaya udara yang ter-tahan pada bayi dapat terdorong ke atas, dan bayi bisa bersendawa dengan sempurna.

Tips yang ketiga adalah makan secara teratur. Apabila bayi sudah berusia di atas 6 bulan, maka lebih baik bunda berikan makanan kepada bayi sedikit demi sedikit, secara perlahan, hal ini sangat baik untuk mencegah cegukan pada si-kecil.

Tentu saja pemberian Makanan Sehat Bayi ini harus berhati-hati sekali, karena bayi dengan umur segitu memang sangat rentan dengan pncernaannya, sebaiknya pemberian makan sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak karena bisa berakibat fatal bagi lambung si-kecil.

Bagaimana, sangat mudah bukan Cara Menghentikan Cegukan Bayi yang seringkali terjadi setelah proses menyusui atau sehabis makan ini?

Dengan menerapakan tips-tips yang kami lansirkan di atas, bisa kami jamin cegukan yang sering terjadi pada bayi bunda, akan segera hilang, bahkan bayi Anda pun tidak akan pernah mengalami cegukan tersebut lagi.

Tidak percaya??? Bisa bunda buktikan sendiri ya tips di atas?

Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan tentang Cara Efektif Mengatasi Cegukan Pada Bayi, semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda semuanya.