Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui

Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui oleh para orangtua ini memang sengaja kami hadirkan untuk membantu para bunda /ayah yang sering kebingungan jika si-kecil mendadak terserang penyakit tertentu, khususnya yang berhubungan dengan kekebalan tubuhnya.

Seringkali orangtua akan berpikir praktis untuk mengatasi setiap masalah kesehatan pada anak – anaknya, apalagi di saat anomali cuaca yang sangat tidak menentu sekarang ini. Banyak anak – anak yang terserang berbagai jenis penyakit tiba-tiba.

Baca Juga : Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Yang Terbukti Ampuh

Dengan kondisi seperti ini, anak – anak memang cenderung mudah dan sering mengalami infeksi atau serangan penyakit lainnya. Orangtua akan berpikir antibiotik menjadi Cara Mengatasi Demam tercepat untuk pengobatannya dibandingkan obat – obatan lainnya.

Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib DiketahuiKarena itu, kebanyakan orangtua lebih senang memilih antibiotik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kesehatan si-kecil. Bunda ataupun ayah seringkali tidak berpikir terlalu jauh dengan efek yang akan ditimbulkan oleh antibiotik tersebut.

Memang kenyataannya, walaupun dengan pemberian antibiotik pada anak bisa memberi efke kesembuhan lebih cepat pada anak, namun ternyata antibiotik ini punya efek samping yang cukup buruk bagi kesehatan anak. Anda mau tahu apa saja Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui ?

Baca Juga : Cara Mendidik Anak ADHD Yang Baik Dan Tepat

Berikut ini kami jelaskan lebih detail kira – kira apa saja sih dampak tidak baiknya antibiotik tersebut bagi kesehatan tubuh si-kecil dalam jangka waktu yang lama. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, ada beberapa efek samping dan Bahaya Antibiotik Pada Anak. Salah satunya :

Overdosis
Ketika anak anda sedang sakit, kemudian anda bawa ke dokter dan dokter memberikan resep antibiotik, upayakan anda memberikan sesuai resep dokter. Karena jika anda memberikan terlalu banyak bisa menyebabkan anak mengalami overdosis.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Suka Pilih–pilih Makanan

Meskipun kita ingin sekali melihat kesembuhan anak kita, namun ada baiknya kita tetap memberika antibiotik tersebut sesuai dengan anjuran yang di sarankan oleh dokter.

Resistensi Obat
Setiap obat antibiotik memiliki aturan pakai dalam beberapa hari. Misalkan ketika anak demam dan dokter memberikan obat demam yang khusus dikonsumsi selama 5 hari. Untuk itu anda harus benar-benar memakai aturan dari dokter ini.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Paling Efektif Yang Wajib Diketahui

Berikan selama 5 hari, meskipun keadaan anak membaik sebelum 5 hari tetap berikan selama 5 hari karena jika anda tidak memberikan sesuai aturan, akan terjadi pembentukan bakteri sehingga kebutuhan antibiotik lebih kuat di hari berikutnya.

Diare
Ketika anak – anak mengenakan dan mengonsumsi antibiotik, diare adalah keluhan umum yang diutarakan nya. Hal ini dikarenakan kerusakan pada flora normal usus. Karena itu mengambil suplemen vitamin bersama dengan antibiotik adalah salah satu pilihan tepat untuk mencegah diare pada anak.

Itulah mengapa biasanya dokter akan selalu memberi antibiotik bersamaan dengan pemberian vitamin juga. Hal itu memang sebenarnya agar tidak terjadi diare pada anak saat pemberian antibiotik pertama kalinya.

Memicu Alergi
Beberapa anak mengembangkan reaksi alergi pada suatu antibiotik. Misalkan saja penisilin. Hal ini juga selalu disarankan untuk menginformasikan kepada dokter jika anak – anak menujukkan gejala alergi ketika mengonsumsi obat – obatan.

Biasanya seorang dokter dengan sendirinya akan bertanya apakah sang anak punya alergi tertentu atau tidaknya. Anda bisa menjelaskan kepadanya dengan detail agar dokter bisa memberi obat anti alergi untuk si-kecil.

Nah bunda, itulah sedikit informasi penting yang kali ini bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas mengenai Bahaya Antibiotik Bagi Anak Yang Wajib Diketahui ini bisa memberi banyak manfaat bagi semua orangtua. Yuk jaga selalu kesehatan anak sejak dini bunda.